Meningkatkan Laba Perusahaan Tanpa Peningkatan Pendapatan

Banyak yang berpikir apakah mungkin meningkatkan laba perusahaan tanpa peningkatan pendapatan?  Pertanyaan tersebut sangat relevan dalam situasi pandemi maupun tanpa pandemi. Apa rahasianya?

Mari kita lihat

Apa yang terjadi apabila kita tidak mempunyai sistem yang baik dalam manajemen keuangan pembayaran ke supplier kita?

  • Supplier tidak dibayar tepat waktu
  • Cashflow perusahaan tidak bisa diprediksi dan tidak terkontrol
  • Pencurian dan fraud
  • Pemborosan
  • Proses pembayaran lama dan tidak ada kejelasan waktu
  • Perusahaan merugi karena biaya tidak terkontrol

Yang sering terjadi adalah perusahaan melakukan proses ini dengan mengalir saja tanpa melakukan design proses manajemen keuangan yang baik. Padahal Anda bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan sumber daya yang dimiliki dengan memiliki manajemen keuangan Procure to Pay (pembayaran ke supplier) yang baik.

Menjawab pertanyaan di atas, apakah bisa kita meningkatkan laba tanpa peningkatan pendapatan?

Ya, kita bisa. Dengan Manajemen Keuangan Procure to Pay yang baik Anda bisa meningkatkan profit perusahaan secara MASIF tanpa meningkatkan pendapatan perusahaan.

Mari kita pelajari

Bagaimana Manajemen Keuangan Procure to Pay Yang Baik? 

Dengan design, proses dan pengendalian internal yang baik bisa meningkatkan profits perusahaan tanpa investasi tambahan. Bukan impian tetapi bisa menjadi kenyataan.

Manajemen Keuangan Procure to Pay adalah manajemen keuangan dari segi biaya, proses pembayaran ke supplier dan pembayaran atas biaya-biaya.  Proses pembelian hingga pembayaran adalah salah satu kunci kritis untuk keberhasilan perusahaan untuk mencapai keuntungan. 

Mengapa?

Proses pembelian sendiri adalah salah satu titik rawan yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena seperti kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan uang memberikan “opportunity”, salah satu kontrol pembelian adalah dari pembayaran apa yang dibeli perusahaan. 

Untuk mendapatkan peningkatan laba tanpa peningkatan pendapatan salah satu kuncinya adalah mempunyai system yang baik, rapi, efisien dengan pengendalian internal yang baik.

Manajemen keuangan procure to pay yang baik akan membantu perusahaan mencapai Peak Financial Performance.

Yuk, kita pelajari

Manfaat Manajemen Keuangan Procure to Pay yang baik:

  • Proses rapi
  • Efisiensi meningkat
  • Pengendalian internal baik
  • Akuntabilitas jelas
  • Fokus

Hasil akhir yang ingin dicapai adalah meningkatkan laba secara masif dan mencapai Peak Financial Performance untuk perusahaan anda.

Dengan system, terbentuk proses yang rapi, runut, mudah diikuti dan perusahaan tergantung kepada proses bukan orang.  Sering kita dapati bahwa perusahaan bergantung ke orang bukan proses sehingga apabila orang tersebut overload pekerjaan maka perusahaan akan menambah karyawan untuk membantu orang tersebut melakukan pekerjaannya.

Dengan proses yang rapi dan baik perusahaan juga bisa meningkatkan efisiensi karena terjadi spesialisasi dalam mengerjakan tugas dan terjadi separation of duty (pemisahan tugas). 

Sebagai contoh apabila kita membuat peniti, apabila 1 orang mengerjakan peniti dari awal hingga akhir 1 orang mungkin bisa mengerjakan 50 peniti dan 4 orang bisa mengerjakan 200 peniti, tetapi dengan proses yang runut dan spesialisasi maka 4 orang bisa mengerjakan 1.000 peniti.

Dengan separation of duty dan struktur organisasi yang baik akan didapat pengendalian internal yang baik.  Salah satu mantra dalam pengendalian internal yang baik adalah separation of duty. 

Selain dari proses yang baik maka struktur organisasi memegang peranan penting dalam pengendalian internal.  Untuk mendapatkan pengendalian internal, struktur organisasi perlu di design terlebih dahulu. 

Salah satu kunci dalam manajemen keuangan procure to pay adalah akuntabilitas yang baik.  Sering terjadi di dalam perusahaan yang mempunyai banyak unit atau anak perusahaan, operasional masing-masing unit diserahkan ke masing-masing kepala unit dan kantor pusat hanya berperan sebagai pengawas dengan memberikan uang yang dibutuhkan tetapi tanpa akuntabilitas yang baik dengan system dan proses yang mendukung.

Dengan struktur organisasi yang baik dan manajemen keuangan procure to pay yang baik, unit usaha akan fokus atas pengembangan usaha dan operasional.

Hal yang disebutkan di atas adalah sebab akibat dan penerapan secara bersama-sama untuk mendapatkan peningkatan laba secara masif dan mencapai Peak Financial Performance.

HASIL DARI MANAJEMEN KEUANGAN YANG BAIK

Hasil dari manajemen keuangan yang baik adalah struktur organisasi, system dan policy dan pengendalian internal yang baik, hal ini akan membantu perusahaan meningkatkan keuntungan secara masif dan mencapai peak financial performance.

Untuk mendapatkan design manajemen keuangan procure to pay yang baik dibutuhkan pengalaman dimana saya telah membantu perusahaan meningkatkan laba sebesar 3.000% dalam beberapa tahun dan memulihkan kesehatan keuangan perusahaan sebesar $29juta dalam setahun.  Saya berpengalaman 30 tahun sebagai CFO, profit optimization and company turnaround specialist.

DIMANA ANDA BISA BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY YANG BAIK, TERBUKTI DAN APLIKATIF?

Untuk membantu anda menerapkan system manajemen keuangan procure to pay untuk mencapai Peak Financial Performance tanpa peningkatan pendapatan saya bagikan dalam bentuk ONLINE COURSE BULLET PROOF MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY

Ini adalah sistem yang saya terapkan dan saya bagikan dan sudah TERBUKTI MENINGKATKAN KEUNTUNGAN SECARA MASIF

Pengaruhnya luar biasa.

Anda bisa DAFTAR ONLINE COURSE BULLET PROOF MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY di https://rantaibusinessacademy.com/online/ dengan HARGA SANGAT TERJANGKAU

Studi Kasus

Saya telah membantu perusahaan memulihkan kesehatan keuangan (turnaround) tanpa peningkatan pendapatan dengan peningkatan laba sebesar $29 juta dalam setahun. 

Perusahaan adalah penyedia tenaga listrik.  Perusahaan telah mengalami kerugian selama beberapa tahun.  Perusahaan tidak dalam posisi untuk meningkatkan pendapatan karena beberapa kendala.  CEO perusahaan telah menyewa konsultan untuk turnaround perusahaan tetapi pada waktu saya masuk sebagai CFO masih dalam proses dan belum berhasil.

Konsultan melihat permasalahan lebih ke arah penghematan dengan melihat laporan keuangan untuk item- item besar yang bisa di save, mengambil langkah dengan melakukan sentralisasi pembelian oli dengan menggunakan satu supplier.  Hal yang dilakukan baik dan membantu perusahaan untuk menghemat biaya sebesar USD1juta per tahun tetapi tidak membuat perusahaan turnaround.

Setelah saya bergabung dengan perusahaan, saya melihat permasalahannya berbeda dengan yang dilihat oleh konsultan dan saya melakukan pendekatan yang berbeda.

Penghematan dengan satu per satu item bisa membantu perusahaan menghemat tetapi tidak dalam jumlah yang significant untuk turnaround perusahaan. 

Permasalahan yang saya lihat bukan hanya cost saving satu per satu tetapi system dan manajemen keuangan procure to pay yang tidak teratur dan tidak di design dengan pengendalian internal yang baik. 

Setelah saya design proses manajemen keuangan procure to pay dengan pengendalian internal yang baik, perusahaan berhasil turnaround $29 juta dalam 1 tahun dan hasilnya kelihatan setelah 6 bulan saya mulai implementasikan system yang saya rancang.

Ada beberapa hal lain yang saya lakukan terhadap perusahaan tersebut tetapi rancangan proses dan pengendalian internal manajemen keuangan procure to pay adalah salah satu komponen utama.

Summary

Ya, dengan tanpa peningkatan pendapatan perusahaan bisa meningkatkan laba dengan melakukan hal yang tepat dalam design proses dan pengendalian internal yang baik di manajemen keuangan procure to pay.

Manfaat manajemen keuangan procure to pay yang baik adalah terbentuk sistem yang baik dengan proses yang rapi untuk meningkatkan efisiensi dengan pengendalian internal yang baik dengan pemisahan tugas dan peningkatan akuntabilitas sehingga CEO dan kepala unit usaha bisa fokus untuk pengembangan usaha dan operasional perusahaan. 

Sistem yang di design dengan baik adalah salah satu kunci untuk peningkatan laba secara masif. 

Pelajari dan terapkan ONLINE COURSE BULLET PROOF MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY yang bisa MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN TANPA PENINGKATAN PENDAPATAN di https://rantaibusinessacademy.com/online/

TAKE ACTION DAN PETIK MANFAATNYA.https://rantaibusinessacademy.com/online/

Wish you success,

Ronawati Wongso

CEO & Founder

Rantai Breakthrough Consulting

Profit Optimization | Turnaround Specialist

[thrive_leads id=’561′]

Meningkatkan Laba Perusahaan Tanpa Peningkatan Pendapatan FAQ

Apa Manajemen Keuangan Procure to Pay?

Manajemen Keuangan Procure to Pay adalah manajemen keuangan dari segi biaya, proses pembayaran ke supplier dan biaya-biaya.

Seperti kita ketahui ada 2 cycle dalam manajemen keuangan:
1. Expense cycle – Procure to Pay
2. Revenye cycle – Order to Cash

Pembahasan kita kali ini adalah dari segi expense cycle.

Apa yang terjadi apabila kita tidak mempunyai sistem yang baik dalam manajemen keuangan procure to pay (pembayaran ke supplier) kita?

* Supplier tidak dibayar tepat waktu
* Cashflow perusahaan tidak bisa diprediksi dan tidak terkontrol
* Pencurian dan fraud
* Pemborosan
* Proses pembayaran lama dan tidak ada kejelasan waktu
* Perusahaan merugi karena biaya tidak terkontrol

Apakah bisa meningkatkan laba tanpa peningkatan pendapatan?

Ya, kita bisa. Dengan Manajemen Keuangan Procure to Pay yang baik Anda bisa meningkatkan profit perusahaan secara MASIF tanpa peningkatan pendapatan.

Bagaimana Manajemen Keuangan Procure to Pay Yang Baik?

Dengan design, proses dan pengendalian internal yang baik bisa meningkatkan profits perusahaan tanpa investasi tambahan. Bukan impian tetapi bisa menjadi kenyataan.

Manajemen Keuangan Procure to Pay adalah manajemen keuangan dari segi biaya, proses pembayaran ke supplier dan pembayaran atas biaya-biaya.  Proses pembelian hingga pembayaran adalah salah satu kunci kritis untuk keberhasilan perusahaan untuk mencapai keuntungan. 

Mengapa?

Proses pembelian sendiri adalah salah satu titik rawan yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena seperti kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan uang memberikan “opportunity”, salah satu kontrol pembelian adalah dari pembayaran apa yang dibeli perusahaan. 

Untuk mendapatkan peningkatan laba tanpa peningkatan pendapatan salah satu kuncinya adalah mempunyai system yang baik, rapi, efisien dengan pengendalian internal yang baik.

Manajemen keuangan procure to pay yang baik akan membantu perusahaan mencapai Peak Financial Performance.

Manfaat Manajemen Keuangan Procure to Pay yang baik:

* Proses rapi
* Efisiensi meningkat
* Pengendalian internal baik
* Akuntabilitas jelas
* Fokus

Hasil akhir yang ingin dicapai adalah meningkatkan laba secara masif dan mencapai Peak Financial Performance untuk perusahaan anda.

Dimana Anda Bisa Belajar Manajemen Keuangan Procure To Pay Yang Baik, Terbukti dan Aplikatif?

Untuk membantu anda menerapkan system manajemen keuangan procure to pay untuk mencapai Peak Financial Performance tanpa peningkatan pendapatan saya bagikan dalam bentuk ONLINE COURSE BULLET PROOF MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY

Ini adalah sistem yang saya terapkan dan saya bagikan dan sudah TERBUKTI MENINGKATKAN KEUNTUNGAN SECARA MASIF

Pengaruhnya luar biasa.

Anda bisa daftar ONLINE COURSE BULLET PROOF MANAJEMEN KEUANGAN PROCURE TO PAY di https://rantaibusinessacademy.com/online/ dengan HARGA SANGAT TERJANGKAU